KBM MAHASISWA FIS 2012

Created on Tuesday, 27 November 2012 Published Date

 

KBM mahasiswa FIS 2012 Korong Lansano. Kenagarian Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman

 Kemah Bakti Mahasiswa (selanjutnya disingkat KBM) merupakan salah satu dinamika kehidupan kampus yang terdiri dari rangkaian kegiatan outdoor yang dikoordinir oleh mahasiswa untuk mahasiswa. Tak jelas asal muasalnya kapan kegiatan ini pertama kali jadi bagian kehidupan kampus. UGM sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia telah akrab dengan acara ini pada pada tahun 1960-an. Awalnya acara ini dikemas sebagai acara ‘fun’ pelepas stress sesudah ujian akhir semester. Kemudian dalam perkembangannya ditambah dengan agenda turun ke masyarakat dalam rangka aplikasi ilmu, gotong royong bersama, pemberian sumbangan dan lain-lain. Karena itu namanya menjadi Kemah Bakti Mahasiswa.

Kemudian acara ini mengalami perkembangan. Tidak lagi di akhir semester tapi dilakukan di awal tahun ajaran baru. Kesibukan mahasiswa bertambah pada masa ini, tak hanya bayar SPP, mengurus Kartu Rencana Studi dan Kartu Hasil Studi serta mencari pembimbing akademik tapi juga mempersiapkan KBM bagi mahasiswa lama dan mempersiapkan diri untuk mengikuti KBM bagi mahasiswa baru. Tujuan acara ini pun mengalami perubahan yaitu sebagai pintu gerbang mahasiswa baru masuk kedalam pergaulan lingkungan jurusan dan menjadi anggota lembaga mahasiswa tingkat jurusan. Agenda acara diformat sedemikian rupa agar mahasiswa baru peserta KBM mengenal kehidupan kampus yang berbeda dengan lingkungan mereka sebelumnya yaitu lingkungan SMA. Panitia pelaksana mensosialisasikan kepada mahasiswa baru tentang pentingnya acara ini. Hal ini dilengkapai dengan janji-janji bahwa acara ini membawa dampak yang cukup signifikan dalam gerak, langkah, kreativitas, daya kritis, kepekaan sosial, dan sudut pandang mereka sebagai generasi intelektual. Panitia pun menambahkan apa akibatnya bagi anak baru jika tidak mengikuti acara ini yaitu tidak bisa bergabung dalam lembaga mahasiswa tingkat jurusan.


Lokasi KBM


Pertemuan dengan Dekan FIS_UNP

Akibat lainnya adalah, adanya semacam sanksi sosial dalam pergaulan yang akan mereka terima jika mereka tidak mengikutinya (hal ini tentu saja disampaikan dengan ‘cara cerdas’) karena salah satu tujuan utama acara ini adalah keakraban dengan senior. Jika diperhatikan lagi sanksi sosial yang diberikan berupa pengucilan dari pergaulan tidak akan sama dampaknya pada setiap mahasiswa baru yang tidak ikut KBM. Ada individu yang tidak mengikuti KBM, pada awalnya memang mendapat perlakuan pengucilan dari mahasiswa jurusannya. Tetapi karena ia tipe pribadi yang ramah, supel dan pintar membawakan diri, akhirnya eksistensinya pun diakui di kalangan mahasiswa lain, apalagi jika ia mahasiswa pintar yang senang membagi ilmu pada orang lain dengan sering berdiskusi. Tetapi ada juga mahasiswa yang mengikuti KBM, tetapi dalam kesehariannya hanya mengenal ruang kuliah dan tempat kos, bahkan sampai ia diwisuda yang mengenalnya hanyalah teman seangkatannya. Jadi KBM jelas bukanlah satu-satunya cara untuk membina hubungan akrab dan harmonis antara mahasiswa lama dengan mahasiswa baru.


Pertemuan dengan ketua Jorong


Apel Pagi


Salanjuang makan ala mahasiswa

Dalam pelaksanaan KBM, ada satu program yang tak pernah luput diadakan tiap tahunnya. Perekrutan mahasiswa baru masuk ke dalam lembaga mahasiswa tingkat jurusan punya ritual khusus yang sudah dikemas sedemikian rupa. Bagian ini identik dengan jurit malam walaupun ada sebagian kecil jurusan yang tidak memasukkan acara jurit dalam ritualnya. Tetapi dengan beraneka ragam nama dan metode, acara jurit menjadi agenda utama. Pada bagian ini kekerasan dilegalkan, walaupun tidak dalam bentuk penyiksaan. Kekerasan yang berupa hardikan dan gertakan atau akting panitia dalam setiap penyelenggaraan KBM sebenarnya bertujuan mengingatkan dan menanamkan tanggung jawab terhadap tugas yang mereka emban sebagai anggota masyarakat nantinya


Bagian Dapur


Acara bakar api unGgun dimalam acara KBM



Kegiatan KBM FIS-UNP 2012 yang diadakan di Korong Lansano. Kenagarian Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman pada tanggal 09-11 – November 2012 kemarin di ikuti oleh 460 peserta mahasiswa baru 2012 dan dengan jumlah ini diperlukan tenda sebanyak 53 tenda. Kbm FIS-UNP 2012 ini juga melakukan beberapa kegiatan di masyarakat diantaranya:

1.       kegiatan sosialisai Mitigasi Bencana

2.       Pelayanan kesehatan gratis dari PMI

3.       Gotong royong bersama warga

 

 

Penyerahan simbolis tanaman dan bunga untuk masyarakat di lokasi KBM


 

Pelayanan kesehatan untuk masyarakat


Gotong royong bersama warga membersihkan lingkungan disekitar KBM


Monday the 25th. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©