KKL ‘Sejarah Angkatan 2015 Road to Jambi dan Palembang’

Created on Monday, 09 May 2016 Published Date

Rabu,4 Mei 2016, Dekan FIS, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 3  Fakultas Ilmu Sosial melepas Mahasiswa Jurusan Sejarah angkatan 2015 untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan atau yang lebih di kenal dengan KKL kedua kota tujuan yakni Jambi dan Palembang.Dalam sambutan WD 1 yang didampingi langsung WD3 Bapak Hendra Naldi,SS, M.Hum beserta Ketua Jurusan Sejarah ibu Dr.Erniwati, M.Hum, beliau berpesan agar Mahasiswa Sejarah menjaga nama baik Almamater  Universitas Negeri Padang melalui tatakrama dan kesopanan.

 

                KKL merupakan agenda yang belakangan ini rutin dilakukan oleh beberapa Jurusan di FIS UNP, dan kali ini pada Mata Kuliah  Sejarah Indonesia Zaman Hindu Budha di Jurusan Sejarah. Kegiatan KKL merupakan salah satu  pembelajaran bagi Mahasiswa, yang mana melalui kegiatan kunjungan terhadap situs dan sumber sejarah ini mahasiswa dapat menambah wawasan serta mampu mengaplikasikan langsung teori yang didapat didalam kelas terhadap  suatu objek yang dikunjungi. Salah satunya adalah mata kuliah Sejarah Indonesia Zaman Hindu Budha. Seperti  yang juga disampaikan oleh  dosen pembimbing Mata Kuliah ini, Bapak Zul Asri ”acara KKL ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa dan mengaplikasikan teori yang didapat dalam kelas serta mampu membedakan candi yang bercorak Hindu Budha”.

 

                Dua kota tujuan KKL ini adalah Jambi dengan Candi Muaro Jambi dan Palembang dengan Museum Bala Putra Dewa. Melalui perjalanan ini mahasiswa nantinya bisa memahami Mata Kuliah Sejarah Hindu Budha dan Peninggalan- peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Museum Bala Putra Dewa. Dalam praktek dilapangan Mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok yang masing masing kelompok akan melaporkan hasil KKL ini berupa Karya Ilmiah

                 Kegiatan positif ini tentunya mendapat dukungan dari pihak kampus maupun Jurusan Sejarah. Hal ini terbukti dengan dukungan yang diberikan langsung sewaktu acara pelepasan Keberangkatan tanggal 4 Mei kemaren. Ketua Jurusan Sejarah Ibu Dr.Erniwati, M.hum sangat mengapresiasi kegitan ini,beliau yang juga ikut mendapingi kegiatan ini di lapangan, mengatakan bahwa hal hal yang dapat mengembangkan wawasan mahasiswa dan mampu menunjang akademik mahasiswa, Jurusan Sejarah siap membantu serta memfasilitasi kegiatan.

                 Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan  atau KKL yang telah dipersiapkan sejak awal semester ini diharapkan membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan dosen pembimbng maupun pihak kampus lainnya, mengingat persiapan yang dilakukan sudah sangat matang baik fisik maupun materi, ujar Abrarhafis selaku ketua Pelaksana . (R,RBY)

 

 

 

 

Monday the 25th. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©