Kuliah Umum Jurusan Sejarah Bersama Prof. Naoto Iko dari Hiroshima University

Created on Wednesday, 14 September 2016 Published Date


Prof. Naoto Iko dari Hiroshima University melakukan kuliah umum di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, Kamis (8/9). Kuliah Umum yang bertemakan The Traces of Tantric Buddhisme In Srivijaya Through the Analysis of Statues and Instruments ini, dimoderatori oleh Dr. Azmi Fitrisia, Ph.D dan dihadiri oleh Guru Besar Jurusan Sejarah Prof. Mestika Zed, Ketua Jurusan Sejarah Dr. Erniwati, SS, M.Hum, dan dosen-dosen dan segenap mahasiswa Jurusan Sejarah.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Naoto Iko menjelaskan mengenai persamaan Tantric Budha yang ada di Jepang dengan yang ada di Indonesia. Ia mengatakan bahwa Tantric Budha yang berada di Jepang berasal dari Indonesia pada abad ke-9 M. Pada penelitian tersebut, ia menemukan banyak kemiripan Tantric Budha seperti Ganta dan Vajra di berbagai negara seperti Kamboja, Thailand, Korea dan Jepang. Selain itu, ada juga beberapa kesamaan lain yang ditemukan oleh Prof. Iko diantaranya bentuk-bentuk patung, upacara dan tantric serta sutra.

Menurut penuturannya saat ditanya salah seorang mahasiswa, Prof. Iko menceritakan ketertarikannya meneliti mengenai Tantric Budha.  Sebelumnya, ia bekerja disebuah Galeri di Jepang. Ia melihat belum ada peneliti yang meneliti mengenai kajian tersebut. Dengan memutuskan untuk berhenti bekerja, Prof. Iko memilih untuk mengkaji dan meneliti lebih lanjut mengenai Tantrik Budha yang ada di Jepang, Indonesia, dan negara-negara lainnya. Dia telah mengunjungi banyak tempat peninggalan budha, museum dan tempat-tempat lainnya yang mendukung penelitian tersebut.

Setelah Prof. Iko memaparkan hasil penelitiannya dan tanya jawab bersama mahasiswa selama dua jam, acarapun dilanjutkan dengan serah terima kenang-kenangan dari Jurusan Sejarah dan dari Prof. Iko. Setelah itu acarapun dilajutkan dengn berfoto bersama. (ZF)

Thursday the 23rd. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©