Training Public Speaking “Improve your Communication Skill With Public Speaking”

 


Pada 5 November 2016  dilaksanakan Training Public Speaking di Aula FIK lantai 3. Pemateri Publik Speaking merupakan orang - orang yang luar biasa, yaitu Dios YaronaL.Si.Kom, beliau ini adalah salah satu Mc di Kota Padang, Sumatera Barat.Pemateri kedua yaitu Ibuk Ike Syilvia.S.Ip. M.Si, selaku dosen Sosiologi Universitas Negeri Padang dan pemateri terakhir yaitu bapak Dr.Hanif Al Kadri, M.Pd, selaku Publik Relation. Acara Public Speaking ini merupakan kerja sama Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Kemenristek Dikti dalam hal ini Fakultas Ilmu-ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang, Bidik Misi, Wakesma serta beberapa sponsor yang menyediakan doorprice bagi perserta seperti Inul Vista Karoke, Restouran AlooHa, Azwa Parfum, G-Sport Center, Oriflame Sweden dan dengan panitia pelaksana yang berasal dari HMJ Sejarah FIS.

Pendaftaran acara sudah dibuka panitia pada pukul 07.00 WIB.Acara ini menyediakan doorprice bagi 50 pertama dari sponsor yang berkontribusi dalam acara ini. Karena doorprize itu para mahasiswa / i UNP ( Universitas Negeri Padang) membuat peserta semakin antusias dengan acara ini. Tidak hanya dari Universitas negeri padang tamu yang hadir, melainkan juga dari Universitas Bung Hatta serta beberapa mahasiswa dari Universitas Putra Malaysia yang kebetulan  sedang berkunjung  ke UNP.Tepatnyapa dapukul 9 acara dibuka oleh dua MC perwakilan dari Hima Sejarah,

Dan dilanjutkan dengan ditampilkannya tari persembahan oleh mahasiswa Sejarah. Dan acara selanjutnya lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh saudari Vanesa Zahra. Ayat suci yang di bacakan oleh Vanesa Zahra membawa pembukaan acara Public Speaking menjadi religius. Setelah membacakan lantunan ayat suci Al-quran, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, yang dinyanyikan dengan hikma toleh peserta Public Speaking. Acara ini dibuka langsung oleh bapak Hendra Naldi, SS. M,Hum selaku wakil dekan III Fakultas Ilmu Sosial. Beliau menyampaikan arti dari Public Speaking, yang mana arti penting dari Public Speaking itu sendiri, yang mana beliau mengatakan bahwa Mahasiswa hidup dikalangan masyarakat, sehingga benar – benar menguasai kemampuan berbicara dengan baik. Dan penutupan acara formal Public Speaking ini di akhiri dengan melantunkan Doa dari saudara Eki Hendro.

                Dan acara awal non formal dibuka dengan tarian melayu oleh Mahasiswi Putra Malaysia yang mendapat sorak-soraidan kekaguman dari peserta lain .Acara yang ditunggu-tunggu oleh peserta Public Speaking yaitu dimulai dengan penampilan pemateri pertama yaitu Dios Yorana, yang mana beliau sangat heboh sekali dalam membuk aacara Public Speaking ini, dan berbagai macam permainan dilakukan oleh sang MC terkenal itu. Sangat menarik sekali beliau membuat suasana jadi meriah, dan sempat juga peserta diajak bernyanyi. Tidak membosankan karena peserta Public Speaking ini menikmati sekali dengan penampilan dari Dios ini dan setelah beliau menyampaikan beberapa sub dari materi Public Speaking dilanjutkan dengan membuka sesi pertanyaan. Dan di pertengahanwaktu, ada penampilan Band dari anak - anak HMJ Sejarah. Dan setelah beberapa jam berlalu, waktu zuhur sudah masuk, dan para peserta Public Speaking melakukan ISOMA (Istirahat, shalat, dan makan siang). Tepatnya pukul 13.00 WIBacara dilanjutkan dengan pemateri kedua yaitu dari Dosen Sosiologi Universitas Negeri Padang yaitu ibuk Ike Syilvia S.IP. M.Si. Ibuk Ike menceritakan pengalaman pribadinya, kenapa beliausampai bias berbicara di depan umum. Beliau juga berbagi Tips - tips bagaimana cara berbicara sedang berdiskusi dikampus dalam kelas biar percaya diri. Tips itu langsung disimulasi langsung oleh peserta Public Speaking. Dan setelah menjelaskan materi, MC   membuka beberapa sesi pertanyaan dan peserta sangat antusias untuk bias bertanya kepada pemateri.  Kemudian acara dilanjutkan dengan pemateri terakhir yaitu Dr.Hanif Al Kadri, M.Pd selaku Public Relation. Meskipun sudah dipenghujung acara para peserta tetap semangat, ditambah lagi dengan kekocakan peserta sangat senang. Pemateri ini juga memberikan kesempatan untuk Peserta untuk simulasi, dan itu membawa tawa untuk peserta Public Speaking. Dalam menyampaikan materi peserta juga diperbolehkan bertanya langsung. Ketika sampai dipenghujung acara Public Speaking acara diditutup dengan penampilan Band dari anggota HMJ Sejarah, dan setelah acara selesai peserta langsung diperbolehkan mengambil sertifikat langsung. Betapa luar biasanya acara ini, mulai dari acara awal sampai diakhir acara peserta sangat menikmati acara Public Speaking. Semoga dengan adanya acara Public Speaking ini kita lebih berani berbicara di depan umum dan dimanapun kita berada. Mulut adalah salah satu pemberian dari Allah SWT yang luar biasa, dengan mulut kita bias mencapai kesuksesan, tergantung dengan apa yang sudah kita ketahui, jangan berhenti belajar belajar dan belajar serta jangan pernah menyerah untuk menggapai cita - cita. Semua orang berhak menggapai impian masing - masing, dimana ada kemauan disitu ada jalan, jangan mudah berputus asa. Mulai dari sekarang tekadkan hati untuk memperbanyak bahasa dan konsep agar bias menjadi SPEAKER HANDAL. (Melani Marta, peserta training Public Speaking)

Monday the 29th. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©