Kreatifitas Minat dan Bakat ( KRIDA 2012 )

Created on Thursday, 25 October 2012 Published Date

Penampilan minat bakat bidang drama

Minat dan bakat memang sesuatu yang berbeda. Berminat belum tentu berbakat.Ibaratnya, banyak orang sangat berminat dengan sepakbola (lihat saja sekarang sedang populer main futsal di mal, atau GOR). Namun apakah kalau kita sangat berminat berarti juga berbakat? Ya jelas beda. Berminat tak ada kaitannya dengan bakat. Banyak yang minat sepakbola, namun tak sampai sepersersatus bakat David Beckham. Sama saja, banyak yang berminat dengan musik, bahkan tergila-gila dengan musik, dan tak satupun karya lagu yang bisa dia telorkan. Minat berbeda dengan bakat.

Sebaliknya yang berbakat sering tak berminat. Yang punya sense tinggi untuk membuat komposisi indah dalam memotret, tak berminat buka studio foto. Yang berbakat tinggi dalam matematika, tak berminat menjadi peneliti. Yang berbakat menulis, mungkin tak berminat mengirim tulisan ke koran atau majalah. Yang berbakat tak berminat, yang berminat tak berbakat. Dunia memang sering terbalik-balik.

 

 

 

 

 

 

 

Namun minat itu sangat penting dalam dunia pekerjaan. Seorang anak muda yang hobi banget musik, mungkin memang tidak perlu jadi musisi atau penyanyi. Dia bisa bekerja di toko kaset, dan bisa menjadi sales yang bagus karena bisa memberikan rekomendasi musik kepada pelanggan. Atau dia bisa bekerja di event organizer, menyelenggarakan konser musik dimana dia bisa ikut turut menikmatinya. Atau menjadi kritikus musik, menjadi penyiar radio (bagian milih lagu), dan sebagainya. Yang jelas, hobi musik jangan terus diartikan akan sukses sebagai musisi, tapi memang bisa meraih sukses di bisnis sekitar musik. Kerja yang paling menyenangkan itu bila melakukan sesuatu di sekitar apa yang kita sukai. Jelek-jeleknya kalau hobi musik tapi bikin lagu nggak bisa, mau nyanyi suara serak kering, wajah tidak menjual, ya tetap bisa ikutan jualan tiket pertunjukan musik. Lumayan kan?

 

 

 

Seorang teman yang hobi mobil berhasil menyelenggarakan event modifikasi audio mobil, padahal dia sebenarnya sarjana teknik yang tidak terkait dengan mobil maupun audio. Dia sukses menggalang sponsor. Seorang lain, yang hobi balap motor, sukses berjualan jaket dan asesoris pembalap. Ada banyak bisnis di sekitar apa yang kita minati. Boleh jadi memang jualan tiket pertunjukan musik itu adalah peluang emas yang paling cocok bagi Anda yang tergila-gila dengan musik tapi tidak juga berhasil menelorkan sebuah lagu pun.

Perhatikan minat Anda, perhatikan bakat Anda. Kemudian, carilah peluang yang sesuai bakat Anda di sekitar minat Anda itu.

Wednesday the 19th. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©