◄ Back

Seminar Nasional Geografi

Category: Seminar Nasional Geografi
Date: 20 Dec 2012
Time: 08:00
Place: arie yulfa - Universitas Negeri Padang, Jalan Hamka, Padang 25171, Indonesia
Telephone: 085278119263
Email: arieyulfa@gmail.com

SEMINAR  KERJASAMA CRCS-UGM DAN PUSGEBANGDAL-UNP

“Membangun Masyarakat Tangguh Bencana:

Kajian Integratif Ilmu Kebumian, Agama dan Budaya atas Bencana”

 


Latar Belakang

Program Studi Agama dan Lintas-Budaya/Centre for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) adalah sebuah program S2 interdisiplin di bawah Sekolah Pascasarjana UGM yang fokus pada kajian agama dan keterkaintanya dengan berbagai aspek kehidupan sosial politik. Selain kajian dan penelitian tentang hubungan antaragama, salah satu isu yang menjadi perhatian CRCs adalah kajian hubungan antara agama dan isu-isu lingkungan, termasuk bencana. Sejak tahun 2001 CRCS melakukan program-program workshop, penelitian dan penerbitan tentang isu agama dan ekologi, agama dan etika teknologi serta pemahaman dan respon sosiologis keagamaan masyarakat terhadap bencana

Terakhir, tahun 2012, CRCS menerbitkan tiga buku berseri tentang agama dan bencana yang diambil dari laporan-laporan hasil riset kompetitif tentang agama dan bencana dari berbagai wilayah di Indonesia. Ketiga buku tersebut adalah (1) “Respons Masyarakat Lokal atas Bencana: Kajian Integratif Ilmu agama dan Budaya,” (2) “Konstruksi “Masyarakat Tangguh Bencana: Kajian Integratif Ilmu, Agama dan Budaya,” dan (3) Agama Budaya dan Bencana: Kajian Integratif Ilmu, Agama dan Budaya.” Ketiga buku ini manyajikan pengalaman dan perspektif multidisiplin tentang bagaimana masyarakat memahami dan merespon bencana baik secara individual atau kolektif. Pengalaman dan model-model pemahaman yang tercakup dalam buku ini diharapkan bisa menjadi sumber penting untuk membangun masyarakat siap dan tangguh dalam merespon bencana atau potensi bencana. 

Adapun Pusat Studi Geografi dan Pengembangan Data Spasial (PUSGEBANGDAL) pada Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Padang yang juga menekuni persoalan mengenai bencana dengan perspektif keilmuan Geografi menyepakati dengan CRCS – UGM untuk melakukan kerjasama berupa seminar. Hal ini didasari bahwa secara geografis wilayah Sumatera Barat merupakan daerah yang rentan dengan risiko bencana seperti gempa bumi, tsunami, longsor dan banjir. Tentunya jika keragaman perspektif keilmuan ini berkolaborasi, diharapkan dampak dari bencana kepada masayarakat dan lingkungan bisa dikurangi.
 

Tujuan

Membangun masyarakat tangguh bencana

 

Konsep Seminar

Seminar ini adalah bagian dari disseminasi publikasi CRCS agar bisa bermanfaat secara lebih luas. Karena publikasi CRCS terbatas pada pemahaman bencana secara sosiologis-keagamaan, maka CRCS dengan mitra PUSGEBANGDAL melengkapi dengan materi sejarah dan budaya serta perspektif  geosains terkait tentang kebencaan.

Jika diformulasikan akan ada empat (4) subtema yang akan dibahas, yaitu

1.    Sosiologis – keagamaan terhadap kebencanaan.

2.    Perspektif ilmu Geografi dalam mengurangi dampak bencana.

3.    Sejarah dan budaya lokal terhadap kebencanaan.

4.    Aplikasi teknologi geoinformasi dalam penyediaan data setelah bencana dengan pelibatan masyarakat.

Keempat subtema tersebut akan dibawakan oleh empat orang pemateri. Adapun rentangan waktu yang direncanakan selama tiga setengah jam. Harapannya seminar ini akan menstimulus agenda kerjasama berikutnya sehingga Sumatera Barat bisa menjadi labor kebencanaan bagi akademisi untuk menghasilkan penelitian-penelitian dan juga pengabdian masayarakt yang bisa di sebarluaskan ke berbagai wilayah Indonesia.


Pelaksanaan

Seminar ini adalah kerjasama antara Program Studi Agama dan Lintas-Budaya UGM dan Pusat Studi Geografi dan Pengembangan Data Spasial (PUSGEBANGDAL) Universitas Negeri Padang.


Jadwal dan Tempat

Waktu seminar yang direncanakan adalah tanggal 20 Desember 2012 (Kamis). Bertempat di Ruang D.81 Jurusan Geografi FIS UNP. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut.

 


Peserta 

Total Peserta 150 orang.

1. Dosen dan Mahasiswa UNP

2. Ormas Islam (seperti Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Perti)

3. Umum

 

Panitia Bersama 

CRCS-UGM dan PUSGEBANGDAL-UNP

 

 

Map:


Monday the 25th. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©