STUDY AND RESEARCH OF GEOGRAPHY 2017 DI LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT, INDONESIA (15-23 Juli 2017)

Created on Wednesday, 05 July 2017 Published Date

Study and Research of Geography merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Program Magister (S-2) Pendidikan Geografi FIS UNP yang bertujuan untuk mempertajam kemampuan research mahasiswa Program Magister Pendidikan Geografi dalam merespon isu-isu geografi dan pendidikan geografi, baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran geografi di sekolah umum dan perguruan tinggi, sehingga KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) Level VIII yang diamanatkan pada Peraturan Presiden RI No. 08 Tahun 2012.

 

Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 (setahun setelah pendirian Program Magister (S2) Pendidikan Geografi/2013) di Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (23 Juli-30 Agustus 2014) dengan isu Peran Geografi dan Pendidikan dalam Melakukan Mitigasi Bencana Letusan Gunung Sinabung. Kegiatan ini di Publish pada Seminar Nasional Geografi Program Magister (S-2) Pendidikan Geografi FIS UNP (08 November 2014) Prof. Dr. Jan Sopaheluwakan (LIPI Jakarta). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pascasarjana Universitas Negeri Padang dengan menghasilkan Prosiding yang berisikan jurnal ilmiah mahasiswa Magister (S-2) Pendidikan Geografi dan umum.

 

Study and Research of Geography 2015 di laksanakan di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh dengan isu Peran Geografi dan Pendidikan dalam Pengembangan Pendidikan Pasca 10 tahun Bencana Tsunami Aceh. Kegiatan ini juga di publish pada Seminar Nasional Geografi Program Magister (S-2) Pendidikan Geografi FIS UNP dengan Keynote Speaker Dr. Enok Maryani dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pascasarjana Universitas Negeri Padang dengan Prosiding yang juga berisikan jurnal ilmiah mahasiswa Magister (S-2) Pendidikan Geografi dan umum.

 

Kegiatan Study and Research of Geography 2016 dilaksanakan di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan isu Keberlanjutan Pendidikan dalam Bencana Pesisir dan Lingkungan Hidup. Pertama kalinya, kegiatan ini di akhiri oleh Geography International Seminar 2016 yang dilaksanakan di Basko Hotel pada tanggal 01 Oktober 2016. Speaker dalam acara ini adalah Susi Pudjiatuti (Kementerian Perikanan dan Kelautan) yang diwakili oleh Brahmantya Setyamurti Poerwadi(Dirjen PRL), Dr. Safiah Yusmah Binti Muhammad Yusoff (Universitas Malaya, Malaysia), Dr. Daniel A. Friess (NUS Singapore), Dr. Victor PH Nikijuluw (CI Internasional), Dr. Genius Umar (Wawako Pariaman), Dr. Asnil (Kemendagri RI), Prof. Dr. Syafri Anwar dan Dr. Dedi Hermon (Universitas Negeri Padang). Publikasi hasil Geography International Seminar 2016 pada Prosiding seminar internasional, baik jurnal ilmiah mahasiswa maupun umum. Sedangkan artikel terbaik di publish pada Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education (sjdgge.unp.ac.id), yaitu jurnal internasional Program Magister (S-2) Pendidikan Geografi FIS UNP.

 

 

Pada tanggal 15-23 Juli 2017, Program Magister Pendidikan Geografi FIS UNP akan melaksanakan Study and Research of Geography 2017 di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Isu yang diangkat dalam kegiatan ini adalah Model Pendidikan Geografi pada Wisata Halal dan Religius Internasional. Pertama kali Program Magister (S-2) Pendidikan Geografi FIS UNP melaksanakan Seminar dan Diskusi Nasional di Lokasi Study and Research of Geography, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logika berpikir mahasiswa dalam pengembangan model pendidikan geografi dalam segala isu geografi. Seminar dan Diskusi Nasional ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2017 di Hotel ORINDO Mataram, Nusa Tenggara Barat, dengan Speaker Dr. L. Sukardi (Universitas Mataram), Dr. Siti Fatimah, Dr. Ernawati, Dr. Khairani, dan Dra. Yurni Suasti (Universitas Negeri Padang), dan Dr. Rosdianto (Kutei Agricultural College, Kalimantan Timur).


 

 

Pada bulan Oktober 2017, tepatnya pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 di Basko Hotel, kegiatan Study and Research of Geography 2017 di tutup dengan Geography International Seminar 2017 dengan isu Kegempaan, Bencana, dan Perubahan Iklim, dengan speaker Dr. paul Burgers (Netherlans), Dr. Tengku Adeline Adura Binti Tengku Hamzah (Malaysia), Dr. Yusuke Ono (Jepang), Dr. Sherliza Binti Zaini Sooria (Malaysia), Prof. Santun RP. Sitorus (IPB), Dr. Gayatri Indah Marliani (UGM), Dr. Triarko Nurlambang (UI), Dr. Genius Umar (Wawako Pariaman), dan Dr. dedi Hermon (UNP). Hasil Geography International Seminar 2017 di Publish pada Jurnal Internasional Bereputasi, yaitu:

1. Forum Geografi

Indonesian Journal of Spatial and Regional Analysis


2. IISTE

Journal of Environmental and Earth Science


3. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education

 

 

 

 

 

 

 

Wednesday the 22nd. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©