website hosting services

website hosting services

Training Openstreetmap di Lab. Geografi FIS UNP

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari tiga kegiatan hasil kerjasama antara Laboratorium Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang dengan Humanitarian Openstreetmap Team (HOT) Jakarta. Training ini merupakan kegiatan kedua, dilaksanakan di ruang Lab. Komputer FIS UNP pada hari Kamis-Jum’at (13-15 Juni 2014).

Read more: Training Openstreetmap di Lab. Geografi FIS UNP

Sosialisasi Openstreetmap di Lokal D.81 Jurusan Geografi FIS UNP

Latar belakang kegiatan adalah tawaran terbuka dari Humanitarian Openstreetmap Team (HOT) Indonesia melalui situs resmi mereka kepada perguruan tinggi di Indonesia yang berada di dalam provinsi prioritas yaitu Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur untuk melaksanakan tiga agenda kegiatan di perguruan tinggi bersangkutan berupa sosialisasi, pelatihan Openstreetmap dan QGIS. Tujuannya adalah meningkatkan pengumpulan data Openstreetmap dan sertifikasi surveyor Openstreetmap. Sasarannya adalah mahasiswa. Mahasiswa yang tersertifikasi akan ditambahkan ke dalam database SD4CP (Scenario Development for Contingency Planning) yang dapat diakses oleh manajer di bidang bencana apabila membutuhkan bantuan asistensi dalam proses perencanaan kontinjensi. HOT akan melakukan sertifikasi terhadap 100 orang mahasiswa sebagai surveyor OSM pada tahun 2014. Tujuannya adalah agar mendukung BPBD dalam menyusun rencana kontinjensi bencana di daerahnya (SUMBER: http://openstreetmap.or.id/roadshow-universitas/).

Read more: Sosialisasi Openstreetmap di Lokal D.81 Jurusan Geografi FIS UNP

Seminar Nasional Membangun Masyarakat Tangguh Bencana: Kajian Integratif Ilmu, Agama dan Budaya atas Bencana

Program Studi Agama dan Lintas-Budaya/Centre for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) adalah sebuah program S2 interdisiplin di bawah Sekolah Pascasarjana UGM yang fokus pada kajian agama dan keterkaintanya dengan berbagai aspek kehidupan sosial politik. Selain kajian dan penelitian tentang hubungan antaragama, salah satu isu yang menjadi perhatian CRCs adalah kajian hubungan antara agama dan isu-isu lingkungan, termasuk bencana. Sejak tahun 2001 CRCS melakukan program-program workshop, penelitian dan penerbitan tentang isu agama dan ekologi, agama dan etika teknologi serta pemahaman dan respon sosiologis keagamaan masyarakat terhadap bencana.

Read more: Seminar Nasional Membangun Masyarakat Tangguh Bencana: Kajian Integratif Ilmu, Agama dan Budaya...

Friday the 16th. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©