Informasi Pemilihan Calon Dekan Fis Unp Periode 2019-2023

Persyaratan Calon Dekan

Sesuai dengan Pasal 7 Peraturan Rektor Universitas Negeri Padang Nomor 4 Tahun 2019 tentang Persyaratan, Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pemberhentian Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan Universitas Negeri Padang, untuk dapat diangkat sebagai Dekan, seorang Dekan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut (huruf g - l form terdapat pada lampiran 1) :

a.      Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b.      Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengalaman sebagai Dosen dengan jenjang jabatan akademik paling rendah Lektor Kepala.

c.      Memiliki kualifikasi pendidikan Doktor (S3).

d.      Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat berakhirnya masa jabatan pimpinan yang sedang menjabat.

e.      Sehat jasmani, sehat rohani dan bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang.

f.       Setiap unsur penilaian prestasi kerja pegawai bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.

g.      Bersedia dicalonkan menjadi Calon Dekan yang dinyatakan secara tertulis.

h.      Memiliki pengalaman manajerial di lingkungan perguruan tinggi paling rendah sebagai sekretaris jurusan atau jabatan setara (Kepala Pusat pada Lembaga, Ketua/ Koordinator Program Studi, Unit Pelayanan Teknis), paling singkat 2 (dua) tahun.

i.       Tidak sedang menjalani tugas belajar lebih dari 6 (enam) bulan atau izin belajar dalam rangka studi lanjut yang dinyatakan secara tertulis.

j.       Tidak sedang menjalani hukuman disiplin PNS tingkat sedang atau berat.

k.      Tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan perbuatan yang diancam pidana paling rendah pidana kurungan.

l.       Tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

m.    Membuat visi, misi dan program kerja Calon Dekan Periode 2019-2023.

  

Tata Cara Pemilihan Calon Dekan

Sesuai dengan Pasal 9 Peraturan Rektor Universitas Negeri Padang Nomor 4 Tahun 2019 tentang Persyaratan, Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pemberhentian Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan Universitas Negeri Padang, Pemilihan Calon Dekan dilakukan dengan cara sebagai berikut :

a.      Senat fakultas membentuk Panitia Pemilihan Calon Dekan, berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri atas 1 (satu) orang ketua, 1 (satu) orang sekretaris dan 3 (tiga) orang anggota.

b.      Panitia Pemilihan Calon Dekan mengumumkan persyaratan Bakal Calon Dekan.

c.      Dosen yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada PAsal 7 dapat mendaftarkan diri pada Panitia Pemilihan Calon Dekan.

d.      Panitia Pemilihan Calon Dekan melakukan seleksi administrasi terhadap persyaratan dari Bakal Calon Dekan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7.

e.      Panitia Pemilihan Calon Dekan menyampaikan nama-nama Bakal Calon Dekan yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud Pasal 7 huruf b, huruf c dan huruf d, paling sedikit 3 (tiga) orang kepada senat fakultas.

f.       Ketua senat fakultas mengundang anggota senat untuk mengadakan rapat senat khusus pemilihan Calon Dekan.

g.      Rapat senat fakultas sebagaimana dimaksud pada huruf f dinyatakan sah, apabila dihadiri oleh 2/3 (dua per tiga) anggota senat fakultas yang hadir. Bagi anggota senat yang izin karena alasan yang penting, dianggap hadir.

h.      Ketua Senat atau Sekretaris Senat (jika Ketua Senat berhalangan) membuka rapat senat untuk pemilihan Calon Dekan setelah dinyatakan sah sebagaimana pada huruf g.

i.       Pimpinan rapat meminta Panitia Pemilihan Calon Dekan untuk menyampaikan nama-nama Bakal Calon Dekan yang memenuhi syarat.

j.       Senat fakultas menetapkan nama-nama Bakal Calon Dekan yang memenuhi syarat.

k.      Setelah penetapan Bakal Calon Dekan sebagaimana dimaksud pada huruf j, Pimpinan rapat menetapkan rapat lanjutan untuk agenda penyampaian visi, misi dan program kerja Calon Dekan oleh semua Bakal Calon Dekan, paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja.

l.       Rapat lanjutan sebagaimana dimaksud pada huruf k, Senat fakultas mengundang Rektor menghadiri rapat tersebut untuk mendengarkan penyampaian visi, misi dan program kerja semua Bakal Calon Dekan.

m.    Jika hanya terdapat 3 (tiga) Bakal Calon Dekan, maka setelah penyampaian vivi, misi dan program kerja sebagaimana dimaksud huruf l, ditetapkan menjadi 3 (tiga) orang Calon Dekan.

n.      Setelah menetapkan 3 (tiga) nama Calon Dekan, kemudian senat fakultas menyampaikan nama-nama Calon Dekan tersebut kepada Rektor melalui Dekan berdasarkan abjad.

o.      Jika terdapat lebih dari 3 (tiga) orang Bakal Calon Dekan setelah penyampaian visi, misi dan program kerja sebagaimana dimaksud pada huruf l, maka dilakukan penyaringan untuk mendapatkan 3 (tiga) orang Calon Dekan.

p.      Penyaringan dilakukan melalui pemungutan suara, dengan ketentuan 1 (satu) orang anggota senat fakultas memiliki 1 (satu) hak suara.

q.      Apabila terdapat jumlah suara yang sama dalam menentukan 3 (tiga) orang suara terbanyak, maka dilakukan pemungutan suara ulang untuk jumlah suara yang sama hingga menghasilkan 3 (tiga) orang Calon Dekan yang ditetapkan sebagai Calon Dekan oleh senat fakultas.

r.       Dekan menindaklanjuti hasil rapat senat fakultas dengan mengirimkan 3 (tiga) orang Calon Dekan sebagaimana huruf q kepada Rektor berdasarkan abjad tanpa mencantumkan jumlah suara.

s.      Setelah penyampaian nama-nama Calon Dekan kepada Rektor melalui Dekan, maka tugas Panitia Pemilihan Calon Dekan berakhir.

t.       Khusus bagi fakultas baru, Dekan diangkat langsung oleh Rektor.

 

Jadwal Kegiatan Penjaringan Bakal Calon Dekan FIS UNP Periode 2019-2023

NO

KEGIATAN

JADWAL

  1.  

Pembentukan Panitia Pemilihan Calon Dekan FIS Periode 2019-2023

13 Mei 2019

  1.  

Sosialisasi Persyaratan dan Tata Cara Pemilihan Calon Dekan FIS Periode 2019-2023 melalui www.fis.unp.ac.id dan surat ke setiap jurusan di lingkungan FIS UNP

14 - 17 Mei 2019

  1.  

Pendaftaran Bakal Calon Dekan FIS Periode 2019-2023 secara langsung (tidak bisa diwakilkan) ke panitia di Ruang GPM FIS UNP. 

20-22 Mei 2019

(Pukul 09.00 - 14.00 wib)

  1.  

Seleksi Administrasi

23-24 Mei 2019

  1.  

Penyampaian nama Bakal Calon Dekan FIS Periode 2019-2023 dalam Rapat Senat FIS UNP

27   Mei 2019

  1.  

Penyampaian Visi Misi dan Program Kerja Calon Dekan Periode 2019-2023

14 Juni 2019

 

Formulir dan Kumpulan Pernyatan Calon Dekan

Thursday the 19th. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©