Seminar Nasional Jurusan Administrasi Negara 2017 FIS UNP Padang

Created on Thursday, 20 July 2017 Published Date

 “TANTANGAN DAN PROSPEK ADMINISTRASI PUBLIK DALAM MENCAPAI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS/SDGs) PADA TAHUN 2030”

 

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah sasaran pembangunan berkelanjutan yang bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kemiskinan, kesenjangan, perubahan iklim dengann memperhatikan keseimbangan antara dimensi lingkungan, sosial dan ekonomi. Untuk itu para pemimpin dunia pada Tahun 2014 berkumpul dan menyepakati harus ada sebuah kesepakatan bersama untuk mencapai tujuan berkelanjutan tersebut pada Tahun 2030.  Ada beberapa tujuan yang disepakati, yaitu:


1.       Tujuan pertama (memiliki 7 target) yakni mengakhiri segala bentuk kemiskinan di manapun.

2.       Tujuan kedua (8 target), yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan gizi, serta mendorong pertanian yang berkelanjutan.

3.       Tujuan ketiga (13 target), yakni menjamin kehidupan yang  sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

4.       Tujuan keempat (10 target) yakni menjamin pendidikan yang inklusif dan berkeadilan serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.

5.       Tujuan kelima (9 target) yakni menjamin kesetaraan gender serta memberdayakan seluruh wanita dan perempuan.

6.       Tujuan keenam (8 target), yakni menjamin ketersediaan dan pengelolaan air serta sanitasi yang berkelanjutan bagi semua orang. 

7.       Tujuan ketujuh (5 target) yakni menjamin akses energi yang terjangkau, terjamin, berkelanjutan dan modern bagi semua orang.

8.       Tujuan kedelapan (12 target) yakni mendorong pertumbuhan ekonomi yang terus-menerus, inklusif, dan berkelanjutan, serta kesempatan kerja penuh dan produktif dan pekerjaan  yang layak bagi semua orang.

9.       Tujuan kesembilan (8 target) yakni membangun infrastruktur yang berketahanan, mendorong industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan serta membina inovasi.

10.   Tujuan kesepuluh (10 target) yakni mengurangi kesenjangan di dalam dan antar negara.

11.   Tujuan kesebelas (10 target) yakni menjadikan kota dan pemukiman manusia inklusif, aman, berketahanan dan berkelanjutan.

12.   Tujuan keduabelas (11 target),  yakni menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan.

13.   Tujuan ketigabelas (5 target) yakni mengambil tindakan mendesak untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

14.   Tujuan keempatbelas (10 target) yaitu melestarikan dan menggunakan samudera, lautan serta sumber daya laut secara berkelanjutan untuk pembangunan berkelanjutan.

15.   Tujuan kelimabelas (12 target) yaitu melindungi, memperbarui, serta mendorong penggunaan ekosistem  daratan yang berkelanjutan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi penggurunan, menghentikan dan memulihkan degradasi tanah, serta menghentikan kerugian keanekaragaman hayati.

16.   Tujuan keenambelas (12 target), yaitu mendorong masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan bagi semua orang, serta membangun institusi yang efektif, akuntabel, dan inklusif di seluruh tingkatan.

17.   Tujuan ketujuhbelas (19 target) yaitu memperkuat cara-cara implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan.

 

Untuk mencapai semua tujuan tersebut, perlu dukungan kebijakan dan  administrasi publik yang kuat, efesien dan mempunyai kapabalitas dan kredibilitas yang tinggi. Perbaikan tata pemerintahan dan reformasi birokrasi menjadi kunci untuk mengoptimalkan tujuan tersebut. Maka atas dasar itu Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang berencana mengadakan kegiatan Seminar Nasional dengan Tema “Tantangan dan Prospek Administrasi Publik dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada Tahun 2030.”


Sub Tema / Topik Pilihan


 1.       Administrasi dan Kebijakan Publik

 2.       Pelayanan Publik

 3.       Manajemen Sumber Daya Manusia

 4.       Kebijakan dan Manajemen Pendidikan

 5.       Pemberdayaan Masyarakat

 6.       Manajemen Keuangan Daerah

 7.       Reformasi Birokrasi

 8.       Hubungan Pusat dan Daerah

 9.       Dinamika Pemerintahan Lokal

 10.   Kajian Penanggulangan Bencana

 11.   Konflik Sosial

 12.   Multikulturalisme

 13.   Masyarakat Madani

 14.   Kebijakan kesehatan

 15.   Kebijakan Lingkungan dan Kependudukan

 16.   Kajian Pembangunan

 17.   Kajian Kepemerintahan


         Untuk info lebih lanjut Klik Poster Seminar Nasional 2017 dan Template Makalah Seminar

 

 

 

 

 

 

Thursday the 23rd. Affiliate Network Reviews. FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG ADMIN IT : INFO@FIS.UNP.AC.ID / RUDMAHES@UNP.AC.ID
Copyright 2012

©